Portal Business Model

Image

 

Ide yang terbentuk adalah menggabungkan stasiun tv dan social network.Nama dari ide tersebut adalah Portal. Dengan ditemukannya teknologi baru oleh Sony yang bernama Internet TV, terdapat banyak opportunities baru untuk mengembangkan sebuah bisnis. Portal adalah sebuah web dimana orang-orang dapat mengupload video mereka masing-masing seperti YouTube, namun perbedaan dasarnya adalah web ini dapat diakses dan ditampilkan dengan sebuah TV berkat teknologi internet tv yang dikembangkan oleh Sony. Jadi basically Portal mengembangkan channel dan acara2 TV (layaknya sebuah stasiun televisi) yang content acaranya berisikan user generated. Sampai saat ini, acara2 di dalam sebuah TV masih dikembangkan oleh para profesional. Dengan munculnya channel2 tv yang contentnya disajikan oleh user, kita dapat menemukan pengalaman dan ketertarikan baru dalam menonton sebuah TV.

 

Keunggulan dari ide ini adalah Portal menggunakan strategi crowd sourcing yang saat ini sangatlah populer seperti Twitter dan YouTube. Hal-hal yang berbau user generated menjadi hal yang sangat disukai dan dengan Portal, hal2 tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi acara2 TV. Potensi yang terdapat di dalam portal hampir tidak terbatas dan banyak hal2 baru yg dapat disajikan. Dengan sistem crowd sourcing, acara2 tv yang dpt ditampilkan oleh user akan sangat banyak maka channel-channel TV di portal akan di grupkan sesuai temanya seperti musik, makanan, travel, olah raga, komedi, kartun, belajar, dll dan dalam setiap channel akan ada sub-sub channelnya lagi. Perbedaannya dengan YouTube adalah di bidang convenience. Dengan Portal, kita dapat mengakses channel2 tersebut dengan menekan satu tombol saja di remote tv  sambil duduk nyaman di sebuah sofa layaknya mengganti channel2 tv biasa dan tidak perlu susah2 mengetik terlebih dahulu atau duduk di kursi yang harus menatap ke monitor.

 

Core capabilities yang disajikan  Portal hampir tidak terbatas. Portal dapat menyajikan acara2 yg diciptakan oleh user mengenai tutorial bermain musik dan trik-trik rahasia cara bermainnya, panduan memasak oleh user yang tidak diketahui orang lain, acara komedi atau lawak oleh user yang ternyata jokesnya sangat lah orisinil dan baru, berbagai macam informasi baru yang selama ini belum ditayangkan di acara2 tv, dll; intinya value proposition Portal adalah untuk mengumpulkan ide-ide2 dari jutaan kepala dan menyajikannya kedalam bentuk acara2 TV.

 

Customer Segment

 

Salah satu kehebatan dari Portal lagi adalah karena contentnya berasal dari banyak orang, maka segment dari Portal hampir dapat mencakup semua kalangan umur, jabatan, hobi, kegemaran, dll. Namun untuk kalangan ekonominya, Portal memiliki segment customer yang ekonominya menengah keatas. Hal ini disebabkan karna untuk membuka portal diperlukan investasi TV internet dan jaringan internet.

 

Distribution Channel

 

Servis dari Portal akan mencapai target2 diatas melalui berbagai macam ads dan promotion melalui TV,Web2 internet termasuk social network, Majalah, dan Koran.

 

Partners

 

Agar Portal dapat berjalan dengan baik, diperlukan adanya kerja sama dengan pihak-pihak seperti : Sony untuk penerapan teknologi Internet TV, Internet Provider, Cable Operator, Experts untuk memberikan rating acara2.

 

Costs

 

Biaya-biaya yang dibutuhkan untuk membangun portal adalah:

 

Initial Investment Cost : biaya untuk investasi awal seperti gedung, server, pembangunan PT, main frame, peralatan kantor, dll.

Maintenance Cost : biaya yang digunakan untuk perbaikan, penambahan, upgrade hardware secara berskala.

Operation Cost: Biaya untuk daily activites

Marketing Cost: Biaya untuk penetrasi pasar, pembentukan brand image, promosi dan iklan

 

Revenues

Revenue dari Portal akan didapat dari iklan-iklan yang ditampilkan di channel-channel Portal.

 

Conclusion

Portal menjanjikan banyak potensi dengan ide-ide baru, namun untuk mengimplementasikannya dibutuhkan biaya investasi yang cukup besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s